May 28, 2011

Tips Maksimum Temperatur CPU

Penggunaan cooling processor adalah suatu keharusan, dengan cooling processor kita bisa mendapati informasi detail seberapa besar pengaruh cooler tersebut dalam menahan panas processor. Meski kita menggunakan hsf / cooler pun dalam jangka waktu yang lama penggunaan processor dalam keadaan full load tetap akan membuat suhu meningkat apalagi jika kita menggunakan hsf standar.

Suhu yang terlampau panas akan membuat sistem kita berjalan tidak stabil, rentan crash dan tentu saja akan memperpendek umur komponen itu sendiri. Hal ini bisa terjadi lantaran komponen pendingin kita juga tidak bekerja dengan baik, misal penggunaan pasta yang salah atau fan / kipas hsf sudah tidak berputar secara optimal.

Saat ini motherboard sendiri biasanya dilengkapi dengan sensor suhu yang sewaktu waktu bisa kita pantau secara real time. Meskipun ini bukan satu satu nya cara yang bisa dilakukan, namun cara ini bisa menjadi dasar patokan kita bahwa hsf dan fan kita bekerja dengan baik. Sebenarnya suhu di dalam casing komputer tidak hanya tergantung pada suhu processor (CPU) saja, tetapi komponen lain seperti VGA, chipset motherboard juga ikut menentukan. Termasuk juga fan atau kipas akan sangat membantu dalam mengurangi suhu yang berlebih. CPU sendiri mempunyai suhu maksimum masing masing yang biasa kita sebut critical temperatures, yang biasanya jadi patokan setiap cpu manufaktur untuk dijadikan acuan seberapa jauh suhu cpu bisa dipakai secara normal.

Daftar dibawah ini bukan merupakan nilai mutlak, karena kadang ada beberapa suhu maksimum yang berbeda. Tetapi paling tidak daftar ini mampu memberikan gambaran kepada kita perkiraan suhu maksimum CPU, sehingga kita bisa menjaga agar suhu processor tetap normal (rata-rata dibawah 50°C)
Biasanya untuk menjaga kerusakan CPU, di pengaturan BIOS ada opsi untuk mengatur berapa batas suhu maksimal processor. Jika pengaturan ini diaktifkan, maka ketika suhu processor mencapai nilai tertentu, kadang komputer akan otomatis mati, untuk mencegah kerusakan processor.

Processor AMD

Processor INTEL
Sumber : pantherproducts [dot] co [dot] uk

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2011 Tips & Trik Ala OP | Themes Design by New WP Themes Dot Com | Was Modified by Free Memory